Selasa, 18 Februari 2020

fakta menarik es krim



Es Krim
Es krim adalah sebuah makanan beku dibuat dari produk susu seperti krim (atau sejenisnya), digabungkan dengan perasa dan pemanis. Campuran ini didinginkan dengan mengaduk sambil mengurangi suhunya untuk mencegah pembentukan kristal es besar. Tradisionalnya, suhu dikurangi dengan menaruh campuran es krim ke sebuah wadah dimasukkan ke dalam campuran es pecah dan garam. Garam membuat air cair dapat berada di bawah titik beku air murni, membuat wadah tersebut mendapat sentuhan merata dengan air dan es tersebut.
Meskipun istilah es krim sering digunakan untuk menunjuk ke "dessert" beku dan makanan ringan, tetapi sebenarnya digunakan unuk menunjuk ke "dessert" beku dan makanan ringan yang terdiri dari lemak susu. Banyak negara, termasuk Amerika Serikat, membatasi penggunaan istilah tersebut berdasarkan kuantitas dari bahan dasar makanan tersebut.
Es krim modern komersial terbuat dari campuran bahan di bawah ini:
·       10-16% lemak susu
· 9-12% milk solids-not-fat: komponen ini, juga dikenal dengan serum solids, mengandung protein (casein dan whey protein) dan karbohidrat (laktosa) ditemukan dalam susu
·  12-16% pemanis: biasanya kombinasi dari sukrosa dan/atau pemanis sirup corn berdasarkan-glukosa
·         0.2-0.5% stabilizer dan emulsifiers e.g., agar atau carrageenan diambili dari rumput laut
·         55%-64% air yang berasal dari susu padat atau bahan lainnya







Sejarah Singkat Es Krim

Berabad-abad yang lalu orang-orang sudah mulai membuat makanan penutup yang segar jika musim panas tiba. Biasanya mereka menggunakan krim yang manis (diperkaya dengan susu) atau puding (berbasis telur) dan kemudian mereka akan mendinginkannya dengan menggunakan es. Chillier krim adalah salah satu produknya. Singkatnya, kenapa dinamakan “es krim”?  Ini dikarenakan adanya proses penggabungan es dan krim sehingga terciptalah es krim.
Menurut Oxford English Dictionary kata “es krim” pertama kali muncul pada tahun 1688 dan kemudian muncul lagi istilah yang lainnya yaitu “ice cream” yaitu pada 1744. Sampai sekarang pun kedua kata itu masih tetap dipakai.
Hasil gambar untuk es krim scoop
Es krim yang paling terkenal pada waktu itu hanya ada di Cina karena pada waktu itu es krim belum menyebar di Eropa. Oleh karena itu, mereka harus menunggu sampai akhir abad ke-17 hanya untuk menikmati kelezatan dari es krim. Pada awalnya, es krim itu sama seperti namanya, mereka hanya menggunakan krim yang manis, kemudian diletakkan pada panci yang dingin.
Semakin kita memasuki zaman yang semakin canggih, teknik dalam pembuatannya pun semakin meningkat. Mereka akan selalu mengaduk campuran krim dan es, untuk mencegah es menjadi beku. Sejak es krim disebarkan ke Eropa pada abad pertengahan banyak sekali permintaan yang berdatangan, sehingga membuat perusahaan menjadi sangat kewalahan.
Hasil gambar untuk es krim cone
Es krim yang pertama mereka ciptakan memiliki rasa yang cukup kuat, karena terbuat dari susu dan krim yang dianggap benar-benar sangat lezat. Resep ini pertama kali diciptakan oleh Ibu Maria Eales (1718).  Ibu Eales sendiri adalah seorang pelopor dengan beberapa pengikut yang dengan senang hati akan membantunya dalam membuat karya-karya es krim yang sangat lezat.
Karya tulis tentang resepnya ini kini telah ia rangkum menjadi sebuah naskah yang berisi 84 halaman, yang diberi judul deplacement de faire des Glaces, melalui Watermark di koran pada tahun 1700.” Ini adalah tentang “bagaimana” karya yang melukiskan tentang beberapa kecanggihan. Mereka akan memberikan petunjuk rinci untuk mempesiapkan beberapa kelezatan dari aprikot, voilet, rose, cokelate dan es krim karamel.
Sejumlah buku masak Inggris pada abad ke-18 ini berisi tentang berbagai cara dalam pembuatan  es krim. Ini merupakan buku masak pertama yang ditulis oleh seorang wanita dan akhirnya sekarang resep ini pun telah dicoba oleh para laki-laki.





Kandungan Es Krim
Es krim termasuk dalam kelompok hidangan beku yang memiliki tekstur semipadat dan memiliki nilai gizi tinggi. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan es krim di antaranya: lemak susu, padatan susu tanpa lemak (skim), krim, gula pasir, bahan penstabil, pengemulsi, dan pencita rasa.
Satu porsi es krim yang berbahan susu sekitar 66 gram mengandung 137 kalori, 40,26 gram kadar air, 2,31 gram protein, 7,26 gram lemak, 0,59 gram ash, 15,58 gram karbohidrat, 0,5 gram serat makanan, dan 14,01 gram total gula.
Kandungan tersebut mencakup berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan,                di antaranya:
*       Vitamin D 33,33%
*       Total lemak (lipid) 20,74%
*       Vitamin B2 12,15%
*       Karbohidrat 11,98%
*       Vitamin C 11,33%
*       Vitamin A 11,14%
*       Vitamin B12 10,83%
*       Fosfor 9,86%
*       Kalsium 8,40%
*       Isoleusin 7,72%
*       Vitamin B5 7,66%
*       Triptofan 6,82%
*       Valin 6,77%
*       Leusin 5,65%
*       Threonine 5,45%
*       Lisin 5,08%




5 Fakta Menarik Tentang Es Krim
1.   Tidak Menyebabkan Gemuk
Hasil gambar untuk gemuk
Sebenarnya kalau ada yang bilang, kalau kita makan es krim bisa jadi gendut, itu gak sepenuhnya benar. Kalau kita mengkomsumsinya secara berlebihan, ya, mungkin saja berat badan kita akan jadi naik. Tetapi jika masih dimakan dalam porsi yang normal, kemungkinannya sangat kecil untuk menjadi gendut. Apalagi, kontribusi energi dan lemak dalam es krim pada tubuh sangatlah kecil.
Karena es krim mengandung lemak terutama lemak jenuh, hal itu menyebabkan banyak orang yang menghindari untuk mengkonsumsi makanan ini. Apalagi jika sedang menjalani program diet, biasanya makanan manis seperti es krim akan selalu dihindari.

Satu takaran es krim hanya memberikan kontribusi energi sebesar 10 persen dari total kebutuhan tubuh dan 15 persen lemak dari total kebutuhan tubuh per hari. Es krim juga tidak akan membuat tubuh gemuk kalau kita gak nambahin topping pemanis secara berlebihan, seperti karamel, cokelat, biskuit, marshmallow atau whipped cream. Jadi, tenang saja! Selama dikonsumsi secara tidak berlebihan, es krim gak bikin gendut.
        2.    Menurunkan Level Stress dan Dapat Meningkatkan Mood

Hasil gambar untuk stressHasil gambar untuk mood booster

Bagi kalian yang mengalami stres karena pekerjaan di kantor ataupun karena banyaknya tugas kuliah atau tugas sekolah yang menumpuk, kalian bisa mencoba untuk mengkonsumsi es krim loh.
Makan es krim bisa jadi pilihan ketika kamu sedang sedih atau galau. Pasalnya, ternyata es krim dapat memberikan efek rileks serta meningkatkan mood kamu.
Dikutip dari healthbenefitstimes.com, es krim memiliki zat endorphin serta dapat mendorong produksi thrombotonin, yang menurunkan tingkat stres serta meningkatkan mood. Selain itu, juga dapat mencegah peluang insomnia.



3.    Makanan Pengganti Susu

Hasil gambar untuk es krim dan susu
Hampir semua orang setuju bahwa susu memiliki banyak manfaat, namun tidak dengan es krim. Padahal, es krim dapat dijadikan sebagai makanan alternatif pengganti susu. Hal tersebut karena salah satu bahan dasar es krim adalah susu.

Es krim mengandung protein, fosfor, kalsium, lemak, aneka vitamin, dan lain-lain. Jadi, jika kamu bosan minum susu, kamu bisa makan es krim sebagai penggantinya. Jangan khawatir badanmu akan gemuk, karena konsumsi es krim dengan sewajarnya tidak akan menyebabkan kegemukan.



       4.    Bukan Penyebab Batuk dan pilek

Hasil gambar untuk batuk kartun

Mitos yang menyatakan bahwa es krim menyebabkan batuk dan pilek ternyata keliru. Batuk dan pilek disebabkan oleh virus. Konsumsi es krim pun tidak memperparah penderita batuk dan pilek.

Justru sebaliknya, mengonsumsi es krim saat batuk pilek ternyata dianjurkan. Menurut James Steckelberg, MD, konsultan di divisi penyakit menular dan profesor kedokteran di Mayo Medical School Rochester, Minnesota, es krim dapat menenangkan sakit pada tenggorokan dan memberikan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh saat tidak nafsu makan.



      5.    Rasa Vanila Menjadi Kegemaran

Hasil gambar untuk es krim vanila

Seperti yang sudah diketahui bahwa es krim memiliki banyak rasa, seperti rasa vanila, coklat, stroberi dan berbagai rasa lainnya. Tapi, tahukah kalian bahwa yang menjadi kegemaran banyak orang di seluruh dunia adalah vanila?
Rasa Vanila ini menjadi rasa es krim yang paling digemari oleh kebanyakan orang. Hal itu terbukti dengan rasa vanila menduduki 20-29 persen dibanding rasa es krim lainnya.










                                  Fakta Unik Lainnya

1.  Manusia mengonsumsi es krim dalam jumlah sangat banyak. Rata-rata memakan hingga 22 pon es krim dalam setahun.

2.    Pada awal 1900-an, imigran asal Suriah, Ernest A. Hamwi, menemukan cone es krim untuk pertama kalinya saat menjual waffle. Hamwi membuka perusahaan cone pertama di dunia pada 1950

3.   Kerucut es krim terbesar di dunia ternyata berukuran tinggi 2,81 meter dan dibuat oleh Mirco Della Vecchia dan Andrea Andrighetti dari Italia. Kerucut terbesar itu dilapisi cokelat putih sebanyak 700 kilogram dan dihiasi 2.000 biskuit waffle bulat.

4.  Menurut survei, laki-laki cenderung lebih memilih dan menyukai es krim sebagai makanan penutup ketimbang para perempuan.

5.      Nama 'Sundae' ternyata berasal dari 'Sunday' yang berarti Minggu. Dahulu es krim Sundae dijual di Amerika hanya pada hari Minggu. Beberapa pedagang menambahkan sirup di atas es krim dan memberi sebutan 'Ice Cream Sunday'. Lama-kelamaan huruf 'y' berganti dengan 'e' dan berlaku hingga saat ini. 

6.      Es krim tertinggi di dunia pernah dibuat di Italia pada 2015. Ukurannya lebih dari 10 kaki, es krim itu berisi 15 galon cokelat dan 242 pon biskuit waffle. Bisa dinikmati sampai 10.800 orang.

8 Fakta Unik Es Krim yang Belum Banyak Orang Tahu, Ada Universitasnya!



Manfaat dari Es krim

1.     Mencegah osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi progresif di mana tulang menjadi lemah dan secara struktural lebih mungkin berisiko fraktur atau patah tulang. Kebanyakan osteoporosis diderita wanita pasca-menopause pada usia 40-50 tahun, terutama wanita berkulit terang dan memiliki riwayat keluarga osteoporosis.
Osteoporosis tidak memiliki gejala sampai patah tulang terjadi. Wanita paling sering mengalami patah tulang di pinggul, tulang belakang, dan pergelangan tangan. Tapi fraktur pun bisa menjadi tanda peringatan bahwa tulang lebih lemah. Osteoporosis menjadi fokus perhatian yang dirasa semakin penting seiring perubahan gaya hidup yang semakin jauh hidup sehat.
Manfaat es krim yang mengandung susu bisa memberikan asupan kalsium bagi tubuh dan tulang. Bagi orang yang tidak suka minum susu, es krim bisa menjadi pilihan tepat guna mencukupi kebutuhan kalsium. Dengan asupan kalsium yang cukup, tulang tidak akan mudah rapuh dan keropos.
2.    Kaya akan kalsium
Beragam jenis es krim yang dibuat menggunakan susu memiliki kandungan manfaat kalsium serta nutrisi yang dapat digunakan untuk meningkatkan energi pada tubuh serta memperkuat tulang. Dengan tulang kuat serta energi yang cukup tentu kita dapat menjalankan aktivitas-aktivitas harian menjadi lebih lancar dan pastinya gak akan patah tulang.
3.    Melindungi gigi dan gusi
Banyak orang tua yang menjauhkan anak- anaknya dari es krim karena takut giginya berlubang. Namun kebalikannya, penelitian menyebutkan jika mengonsumsi es krim ternyta lni dapat melindungi gigi serta gusi karena mengandung kalsium yang baik.
4.    Rendah lemak
Es krim rendah lemak yang biasanya dibuat dari bahan utama susu krim yang dapat memberi manfaat bagi kesehatan yang cukup banyak. Mengonsumsi es krim rendah lemak membuat kalian tidak perlu khawatir akan berat badan yang meningkat.
5.    Sumber vitamin
Dalam es krim terdapat beragam jenis vitamin seperti vitamin A, D, K serta B12. Vitamin- vitamin tersebut memiliki fungsinya masing-masing untuk kesehatan tubuh seperti :
*      Manfaat vitamin A bagus untuk menjaga kesehatan mata
*      Manfaat vitamin D berperan dalam menyerap kalsium serta berbagai nutrisi dari     makanan serta menyimpannya di organ ginjal.
*      Manfata vitamin K berperan dalam meningkatkan aliran darah serta membuka sel darah yang mengalami penyumbatan di dalam tubuh
*      Manfaat vitamin B12 berperan dalam meningkatkan memori
Vitamin merupakan zat baik yang memiliki banyak fungsi bagi kesehatan tergantung pada jenis vitaminnya. Dalam hal ini, es krim juga menyediakan berbagai macam vitamin yang berguna untuk kesehatan kalian.
6.    Meningkatkan kekebalan tubuh
Karena banyak mengandung susu yang kaya akan laktoferin dan sitokin, manfaat makan es krim sebenarnya dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit, termasuk juga influenza. Susu dalam es krim tersusun dari laktoferin, yang memiliki peran sebagai zat pertahanan tubuh non-spesifik terhadap patogen. Laktoferin juga memiliki aktivitas Antiviral, terutama terhadap cytomegalovirus, influenza, dan HIV.
Ironisnya, selama ini es krim justru dianggap sebagai penyebab flu, batuk, dan pilek. Padahal, pada saat kita menyantap es krim, lelehan es krim yang masuk ke dalam mulut dipengaruhi oleh suhu tubuh, sehingga suhunya pun sudah tidak dingin lagi.
Larangan memakan es krim pada saat sakit juga termasuk anggapan yang salah. Pada saat sakit, tubuh membutuhkan banyak cairan agar terhindar dari dehidrasi aatau kekurangan cairan. Es krim merupakan salah satu hidangan yang dapat menyediakan banyak cairan bagi tubuh kita. Pengecualian bagi penderita radang tenggorokan, asma, maupun amandel karena berpotensi untuk kambuh.

7.    Membantu merangsang otak
Manfaat makan es krim dapat membantu merangsang otak dan membuat Anda lebih pintar. Menurut salah satu penelitian, terbukti bahwa orang yang mengonsumsi es krim di pagi hari lebih bersemangat daripada orang yang tidak makan es krim.
8.    Mengurangi peradangan
Cokelat dalam es krim juga bermanfaat bagi tubuh. es krim jenis ini kaya akan flavonoid yang mengurangi peradangan arteri jantung. Dark chocolate memiliki flavonoid yang melindungi arteri jantung dari kelelahan. 
9.     Mengandung protein
Tubuh membutuhkan protein setiap hari untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot. Sesendok es krim dapat menyediakan jumlah protein yang cukup untuk satu hari yang aktif.  
       10. Menurunkan resiko penyakit
Penelitian menyebutkan bahwa manfaat es krim berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung, kanker kolorektal, dan tekanan darah tinggi (hipertensi).
Meski tidak sedikit manfaat makan es krim, bukan berarti Anda harus mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Segala yang berlebihan pasti ada risikonya. Jadi, ayo makan es krim dengan tetap mengingat jumlahnya, ya!






Cone Es Krim

Hasil gambar untuk cone es krim
Kerucut es krim ialah kue berbentuk kerucut yang teksturnya mirip wafel, untuk menghidangkan es krim sehingga memungkinkannya dimakan tanpa mangkuk dan sendok

Sejarah
Kerucut dari kertas dan logam sudah digunakan pada tahun 1800-an di Prancis, Jerman, dan Inggris untuk memakan es krim. Kerucut es krim yang dapat dimakan banyak dipercaya ditemukan di Saint Louis, Missouri pada tahun 1904 dalam Louisiana Purchase Exposition, dengan cerita terkenal bahwa pembuat kue membantu penjaja es krim yang kehabisan piring dengan melipat kue berbentuk wafel membentuk kerucut yang bisa memuat es krim. Sejumlah orang yang menjual kue dalam even itu mengklaim telah menemukan kerucut es krim, dengan mengutip sejumlah ilham.
Namun, beberapa orang menghubungkannya ke seorang warga New York City bernama Italo Marchiony, yang pada tanggal 13 Desember 1903 menerima paten penemuan serupa kerucut es krim yang sudah dijualnya sejak tahun 1896. Resep kue serupa muncul di buku petunjuk masak pada tahun 1888 di Inggris.
Namun, kerucut es krim menjadi terkenal pada tahun 1904 di St. Louis, dengan lebih dari 50 penjaja menjiplak gagasan itu, dan dalam beberapa tahun, kerucut es krim dijual di seluruh negeri. Kerucut pertama digulung dengan tangan, namun pada tahun 1912, Frederick Bruckman, penemu dari Portland, Oregon, mempatenkan mesin penggulung kerucut es krim. Ia menjual perusahaannya ke Nabisco pada tahun 1928.







5 Varian es krim

1.     Es krim berbentuk anak anjing
Hasil gambar untuk es krim bentuk anjing
I






Ini adalah menu es krim yang ada di Sowing The Sweets, sebuah gerai dessert di Taiwan. Uniknya lagi, es krim ini berisi sirup berwarna merah yang bakal lumer saat es krim "dimutilasi".
2.     Es krim yang tidak bisa meleleh
Hasil gambar untuk es krim tidak bisa meleleh
Para peneliti di Biotherapy Development Research Center Co, di Kanazawa, Jepang, berhasil menciptakan es krim yang susah mencair. Mereka memanfaatkan polyphenol dalam buah stroberi, yang memungkinkan es krim bertahan hingga beberapa jam dalam cuaca panas sekali pun.
Sebuah tes dengan alat pengering rambut pernah dilakukan untuk menguji perbedaan es krim biasa dan yang dijual di Kanazawa. Hasilnya, es krim biasa leleh dalam waktu 36 detik, sedangkan es krim ini baru meleleh permukaannya setelah dipanaskan selama 3 menit!
3.     Es krim yang berubah warna
Hasil gambar untuk es krim berubah warna
Pria asal Spanyol bernama Manuel Linares berhasil menciptakan es krim yang bisa berubah warna saat dijilat atau meleleh. Es krim yang dijual di Calella de Mar, Barcelona ini dijuluki "Xameleon", terinspirasi dari hewan bunglon yang bisa berubah warna dalam keadaan tertentu.
4.     Es krim terpedas
Hasil gambar untuk es krim terpedas
Es krim "aneh" ini diberi nama Respiro del Diavolo atau yang artinya Devil's Breath dalam bahasa Inggris. Sesuai julukannya, kamu bakal merasakan sensasi pedas tak tertahankan ketika menyantapnya.
Bayangkan, es krim ini punya skala Scoville atau indeks pedas mencapai 1,5 juta, sedangkan saus tabasco saja hanya berkisar 3.500-8000. Karenanya, banyak yang menyebut kalau ini merupakan es krim paling berbahaya di dunia.
5.     Buzz Pop Cocktails
Hasil gambar untuk es krim Buzz Pop Cocktails
Es krim cocktail asal Las Vegas ini ternyata bisa benar-benar bikin penikmatnya kliyengan. Kalau biasanya campuran minuman keras pada produk es krim berkisar lima persen, es Buzz Pop Cocktails mengandung alkohol hingga 15 persen.
Buzz Pop Cocktails hadir dalam delapan rasa segar, di antaranya Pink Paradise, Southern Belle, Blueberry Mania, Mango Passion Fruit, Caribbean Breeze, Moscow Mule, Watermelon Patch, dan Lemon Drop Martini.





5 Es krim paling popular dari berbagai negara
1.     Es krim mochi (Jepang)
Hasil gambar untuk es krim mochi di jepang
Di Jepang, mochi dijadikan es krim yang rasanya di jamin enak. Berbahan dasar tepung         beras es krim mocha berisi es krim dengan rasa green tea ataupun kacang merah.
2.     Gelato (Italia)
Hasil gambar untuk es krim gelato
Dengan tekstur yang lebih padat dibandingkan es krim, gelato dibuat dari susu, krim,             dan gula yang di kocok dengan kecepatan sedang.
Tak hanya di Italia, gelato juga banyak ditemukan di sejumlah kota di Indonesia
 3.     Dondurma (Turki)
Hasil gambar untuk es krim dondurma
Es krim elastic, itulah dondurma yang banyak ditemukan di Turki
Terbuat dari tepung dan ekstrak bunga anggrek, dundutma memiliki tekstur yang lengket dan tak mudah meleleh
4.     Faloodeh (Iran)
Hasil gambar untuk es krim faloodeh
Faloodeh merupakan es krim terbuat dari bihun tipis yang dibekukan tepung jagung, air mawar, dan air jeruk nipis
5.     Akutaq (Alaska)
Hasil gambar untuk es krim akutaq
Akutaq atau disebut es krim eskimo memang sulit ditemukan di kawasan dingin seperti Alaska.
Es krim terbuat dari lemak hewan dan buah-buahan seperti salmonberry dan blueberry


Macam-macam  rasa es krim di dunia


1.     Es krim yang membakar mulutmu

7 Rasa Es Krim Paling Aneh di Dunia, Yakin Masih Mau Coba?

Big Gay Ice Cream yang berpusat di New York, membuat eksperimen yang dijamin sukses     'membakar' mulut para pecinta es krim. Gimana enggak, mereka mencampurkan bubuk         cabai, sriracha, dan wasabi ke dalam adonan es krimnya. Kalau kamu mencari es krim             untuk    mendinginkan mulut, sebaiknya kamu berpikir ulang mencicipi yang satu ini.
2.     Es krim rasa rumput laut
Cuma di Jepang! Ada Es Krim dengan Rasa Tinta Cumi, Pare hingga Wasabi
  Es krim yang satu ini punya rasa yang gurih. Karena terbuat dari beberapa jenis rumput laut. Seperti nori, kombu dan wakame. Kombu merupakan rumput laut jenis laminaria. Sedangkan wakame merupakan rumput laut tipis yang umum dikonsumsi masyarakat Jepang sebagai sayuran hijau.

3.     Es krim rasa pare
Cuma di Jepang! Ada Es Krim dengan Rasa Tinta Cumi, Pare hingga Wasabi

Tak pernah terbayang kalau ada es krim terbuat dari salah stau bahan yang punya rasa pahit ini. Tapi di Jepang, es krim ini sempat viral dan dicoba banyak orang. Makan pare    dengan bumbu somay saja masih terasa pahit, apalagi makan es krim.

4.     Es Krim Rasa Bawang Putih

     Hasil gambar untuk es krim rasa bawang putih

Mulai sedikit nyeleneh nih. Di negara California, ada rasa es krim yang lebih aneh lagi dibanding di New York yang mempunyai es krim dengan rasa jagung. Di sana ada sebuah varian es krim yang memiliki cita rasa bawang putih. Uniknya, es krim dengan rasa ini menjadi favorit di festival bawang putih.
Menjadi Favorite Di Negaranya, Bawang putih memang bisa membuat rasa suatu makanan menjadi gurih dan lezat, tetapi akan jadi aneh jika bahan makanan tersebut dibuat untuk campuran es krim yang cenderung manis. Mungkin rasanya akan menjadi gurih, namun sepertinya akan tercium sedikit langu.
5.     Es krim rasa kari
Hasil gambar untuk es krim rasa kari
Kari adalah penamaan sebuah makanan yang dimasak dengan berbagai rempah-rempah sehingga mempunyai rasa tajam dan pedas. Biasanya negara yang mempunyai masakan kari adalah negara-negara di Asia, seperti Indonesia, Mesir, India dan masih banyak lagi.
Warna Kuningnya Berasal Dari Kuah Kari, Es krim yang satu ini dicampur dengan kuah kari. Ya, tentunya sudah terbayang juga rasanya seperti apa. Akan ada sensasi yang berbeda saat mencicipi es krim yang rasanya eksotis ini. Karena es krim ini akan terasa sedikit pedas, yang barasal dari campuran kari tadi.


15 komentar: